by

Siapa Yang Tau Alasan Kenapa Sirup Cocopandan Warnanya Merah? Tak Disangka Ini Alasan Sebenarnya…

-Kuliner-10 views

Dari awal bulan Ramadhan ini sampai Idul Fitri nanti pasti yang namanya Sirup sudah pasti jadi barang primadona, tiap bingkisan hari raya selalu ada sisipan Sirup, terutama Sirup Cocopandan. Kalian pasti pada sudah pernah dong minum sirup rasa Cocopandan ini? karena Sirup rasa Cocopandan ini terbilang Sirup dengan rasa yang paling banyak di gemari, karena selain rasanya yang manis dan segar cocok untuk dibuat berbagai macam olahan, seperti es buah, es kelapa muda, dan banyak yang lainnya. 

Tapi pernah ga sih bertanya, sebenernya Cocopandan itu rasa apa sih? Kalau Sirup Melon kan jelas rasa melon, Sirup Jeruk jelas rasa jeruk, nah kalau Cocopandan? secara harfiah Coco itu bearti Kelapa, Pandan berarti Daun Pandan, jadi Cocopandan itu ya rasa Kelapa Pandan, wait kok rasa kelapa pandan warnanya Merah? kenapa demikian ya? ada beberapa argumen nih mengenai kenapa warna Sirup Cocopandan itu warna Merah.

1. Warna Merah itu “Menarik”

Sirup Merah

Mmm… bener warna merah itu memang lebih menarik, menurut ilmu psikologi Warna merah memiliki efek untuk menstimulasi sebuah perhatian atau ketercapaian, serta merangsang kelenjar adrenal, hingga meningkatkan detak jantung. Sehingga merah biasa digunakan untuk menarik perhatian.

2. Jika memakai warna bening / putih mirip warna Air kurang greget

Coba andaikata syrup rasa cocopandan warnanya bening kayak air kelapa, ada kemungkinan agan salah ngira ini air mineral atau syrup

3. Kalau warna Hijau dirasa kurang menggairahkan

Mmm… masuk akalsih,kalau syrup cocopandan itu seharusnya warna hijau, toh kan dari daun pandan yang notabene warnanya hijau, tapi tar ketuker ga tuh ama cendol? 

4. Mmm… atau ini jangan jangan branding aja, biar klo denger Cocopandan inget warnanya merah.

Yah, bisa jadi sih, orang keburu taunya kalau warna cocopandan itu yah warna merah, makanya dari pada bikin pake warna yang enggak enggak mending cari aman aja kali yah ikutin warna merah aja, biar produknya laku gitu… 

5. Warna merah itu Manis, seperti rasa Syrup nya yang manis.

Cewek aja kalo pake baju merah suka keliatan lebih manis kan?

Ke 5 alasan itu masuk akal sih, tapi sebenernya itu bukan alasan utamanya kenapa Cocopandan warnanya jadi merah, so ini alasan sebenernya ?

Ini biangkeroknya haha..  ternyata cocopandan menggunakan Daun Rosella kering di dalam proses pembuatan awalnya, daun pandan dan rosella kering tersebut dicuci  kemudian direbus, hingga warna merah dari daun rosella tersebut keluar. Setelah warna merah tersebut dihasilkan, baru dicampur dengan gula dan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi sirup cocopandan dengan rasa menyegarkan.

Udah faham kan sekarang kenapa Syrup Cocopandan itu warnanya merah? seneng rasanya bisa berbagi di bulan suci ini, moga puasa agan agan lancar ampe Hari Raya Idul Fitri nanti.

Bonus nih resep buat yang pengen bikin Syrup Cocopandan sendiri :

Resep Syrup Cocopandan:

BAHAN YANG DIPERLUKAN : 
1.5 Kg Gula pasir
10-15 lembar Daun pandan wangi
1/4 ons Rosella kering
1 butir telur ayam, ambil putihnya dan dikocok
1 liter Air 1 liter (4 gelas blimbing)

(Perbandingan gula pasir dan air adalah 1,5 kg gula airnya 1 liter)

CARA MEMBUAT SIRUP COCOPANDAN: 
Cuci kemudian rebus daun pandan dan rosella kering hingga keluar warna merahnya dengan 500 ml air. Bila warna merah sudah keluar, angkat dan ukur air yang diperoleh.

Rebus gula dengan sisa air (1 liter- air rebusan rosella dan daun pandan), sampai gula hancur dan mendidih

Tambahkan air rebusan rosella dan pandan dan masukkan putih telur kocok, aduk-aduk dan biarkan mendidih.

Angkat, biarkan dingin. Lalu saring dengan kain, masukkan ke dalam botol dan siap digunakan

TIPS MEMASAK : 
Fungsi telur adalah mengikat kotoran selama proses pembuatan sirup.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed